09 Mei 2023   16:53 WIB

Gerakan Pengendalian OPT Wereng Batang Coklat

Gerakan Pengendalian OPT Wereng Batang Coklat

Gerakan Pengendalian OPT Wereng Batang Coklat

POPT, PPL kec ngawen bersama bidang TPHPP melaksanakan gerakan pengendalian WBC ( wereng Batang Coklat) di desa Plumbon, ds sambonganyar, ds gedebeg kecamatan ngawen untuk mengatasi serangan hama WBC. Dinas P4 bersama popt juga memberikan bantuan pestisida dan melaksakan penyuluhan pencegahan dan pengendalian hama padi.

Wereng batang coklat adalah salah satu hama utama pada tanaman padi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk pengendalian hama wereng batang coklat antara lain:

 

Penanaman varietas padi tahan wereng batang coklat

Pilih varietas padi yang memiliki ketahanan terhadap serangan wereng batang coklat, seperti varietas Ciherang, IR64, atau Inpari 13.

 

Sanitasi lingkungan

Lakukan sanitasi lingkungan dengan membersihkan gulma, jerami, dan sisa-sisa tanaman padi di sekitar sawah. Hal ini dapat mengurangi tempat persembunyian wereng batang coklat.

 

Pemupukan dan pengairan yang tepat

Pemupukan dan pengairan yang tepat dapat membantu meningkatkan ketahanan tanaman padi terhadap serangan wereng batang coklat.

 

Penggunaan insektisida nabati

Gunakan insektisida nabati seperti ekstrak bawang putih, daun mimba, atau daun sirsak untuk mengendalikan wereng batang coklat. Campurkan insektisida nabati dengan air dan semprotkan ke tanaman padi.

 

Penggunaan insektisida kimia

Jika serangan wereng batang coklat sudah parah, gunakan insektisida kimia seperti imidacloprid atau thiamethoxam. Namun, penggunaan insektisida kimia harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaan.

 

Pemanfaatan predator alami

Beberapa predator alami seperti burung pipit, laba-laba, dan serangga pemangsa lainnya dapat membantu mengendalikan populasi wereng batang coklat.

 

Dalam mengendalikan hama wereng batang coklat, sebaiknya dilakukan secara terpadu dengan mengombinasikan beberapa cara di atas agar hasilnya lebih maksimal.


Info